• Kp. Teluk Dendang Rt.00 Rw.1001 Desa Busung
  • Desabusung@yahoo.com

Penghujung Tahun, Pemerintah Desa Busung adakan Sosialisasi Lakalantas

23 Desember 2020 admin Berita Desa Dibaca 121 Kali

Rabu 23 Desember 2020 Pemerintah Desa Busung mengadakan Kegiatan Sosialisasi Kecalaan Berlalu Lintas (Lakalantas) tepatnya di Balai Desa Busung. Narasumber dalam kegiatan ini yakni dari Unit Dikyasa Satlantas Polres Bintan Bapak AIPDA Misudi beserta tim.

Dalam kegiatan ini, Bapak Aipda Misudi memberikan edukasi kepada Para Tamu yang hadir tentang informasi kecelakan lalu lintas dan penyebab serta akibatnya. Kecelakaan lalu lintas menempati peringkat pertama penyebab kematian di Indonesia yaitu sekitar 36.000 jiwa nyawa manusia melayang setiap tahunnya atau sekitar 99 jiwa setiap harinya. Penyebab terjadinya kecelakaan tersebut adalah masalah KETIDAKDISIPLINAN pengendara dalam berkendara di jalan raya (diawali dari perilaku pelanggaran tata tertib berlalu lintas) dan kebanyakan korbannya adalah mereka yang masih berusia produktif (usia 15 - 40 tahun).

Sosialisasi dilaksanakan karena melihat Kasus kecelakaan lalu lintas yang melibatkan masyarakat terutama pelajar cukup tinggi. Salah satu penyebab tingginya kecelakaan yang melibatkan pelajar ini karena pemahaman tentang tata tertib berlalu lintas di kalangan pelajar masih minim.

“Tujuan sosialisasi lalu lintas kepada masyarakat dan pelajar ini untuk memberikan wawasan tentang keselamatan lalu lintas dan menanamkan jiwa pelopor tertib berlalu lintas di lingkungan pelajar, apalagi pelajar sekarang kalau tidak menggunakan motor tidak mau sekolah, lebih teliti dalam mengawasi anak-anak dalam mengendarai kendaraan dan biasakan anak-anak menggunakan helm ketika sedang berkendara.”. Imbuh Misudi

Setidaknya ada tujuh tata tertib lalu lintas dasar yang wajib kamu ketahui dan lakukan. Apa saja?

1.   Pengendara Wajib Punya SIM, Menjadi Bagian Penting Dalam Tata Tertib Lalu Lintas.

2.   Jangan Lupa Untuk Selalu Membawa STNK

3.   Patuh Terhadap Rambu-Rambu Lalu Lintas

4.   Patuhi Batas Kecepatan Maksimum

5.   Gunakan Helm Saat Berkendara

6.   Kelengkapan motor Wajib, Mulai dari Lampu hingga Sein

7.   Jangan Lewat Trotoar, Meski Menghadapi Jalan yang Macet

 

Bukan hanya memberikan materi kepada masyarakat yang hadir, tetapi Beliau juga memberikan Hadiah kepada masyarakat yang dapat menjawab pertanyaan darinya.

Sudah sepatutnya setiap pengguna jalan raya wajib untuk mematuhi tata tertib lalu lintas. Beragam pengaman juga harus digunakan oleh pengguna jalan raya, agar keselamatan selalu terjaga.

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)
Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)
CAPTCHA Image
Isikan kode di gambar