• Kp. Teluk Dendang Rt.00 Rw.1001 Desa Busung
  • Desabusung@yahoo.com

Pilkada Serentak 09 Desember 2020

14 Desember 2020 admin Berita Desa Dibaca 44 Kali

Presiden Jokowi mengumumkan bahwa tanggal 9 Desember 2020 ditetapkan sebagai Hari Libur Nasional dalam rangka pelaksanaan Pemilihan Kepada Daerah (Pilkada). Aturan mengenai libur pekerja dijelaskan dalam Surat Edaran Menteri Ketenagakerjaan RI Nomor M/14/HK.04/XII/2020 tentang Hari Libur Bagi Pekerja/Buruh Pada Hari Pemungutan Suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2020.
Menjelang Pelaksanaan Pilkada Komisi Pemilihan Umum (KPU) masih terus mempersiapkan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020. Salah satu yang dipersiapkan KPU adalah penerapan protokol kesehatan di tempat pemungutan suara (TPS).  Setelah KPU mempersiapkan segalan keperluan untuk Pemilihan Umum pada 9 Desember 2020 maka selanjutnya akan diserahkan kepada masing-masing daerah untuk penerapannya.

Rusli menghimbau kepada seluruh masyarakat desa busung untuk tetap melaksanakan protocol kesehatan meskipun sedang beraktifitas, bepergian. Bahkan untuk mencoblos juga tetap menggunakan masker dan sarung tangan. Pihaknya juga sudah menyediakan perlengkapan protocol kesehatan apabila ada pemilih yang tidak menggunakan masker dsb.

"Peralatan pertama yang disiapkan adalah tempat cuci tangan dan sabun, hand sanitizer, dan sarung tangan plastik untuk pemilih," kata Rusli selaku Ketua Gugus Covid-19 kepada, Kemudian sarung tangan medis untuk petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), masker, tempat sampah. Selanjutnya ada juga pelindung wajah atau face shield untuk petugas, alat pengukur suhu tubuh. Saat hari pemilihan juga disiapkan tinta tetes, baju hazmat, dan terakhir ruangan khusus bagi pemilih yang bersuhu 37,3 derajat celcius.
Selain itu, untuk pembagian waktu pencoblosan juga sudah di bagi-bagi oleh masing-masing KPPS di setiap TPS hal ini dilakukan untuk menerapkan protocol kesehatan dan mengurangi perkerumunan masyarakat.

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)
Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)
CAPTCHA Image
Isikan kode di gambar